Thursday, December 24, 2009

Pentingnya Merek

Pemberian Merek atau yang juga dikenal dengan istilah branding merupakan hal yang sangat penting dalam pemasaran. Karena mereklah yang membedakan produk satu dengan yang lainnya. Selain itu dengan pemberian merek biasanya kita dapat menjual produk lebih mahal daripada produk tanpa merek atau produk curah. Sebagai contoh yang umum kita temuai sehari-hari adalah produk komoditi seperti gula dan beras. Beberapa tahun yang lalu kedua komoditi ini diperlakukan seperti produk curah yang dijual secara literan, dimana pembeda antar produk lebih ke arah kualitas rendah dijual dengan harga paling murah, kualitas sedang dijual dengan harga rata-rata, serta kualitas bagus yang dijual paling mahal. Kini beberapa produsen berhasil melihat peluang pada segmen ini dimana mulai munculnya produk gula bermerek seperti Gulaku yang kini sangat laris diminati oleh konsumen kelas menengah keatas. Kenapa Gulaku laku? Karena dengan diberikannya merek, produsen memberikan jaminan kualitas atas merek tersebut, kapanpun kita beli baik hari ini ataupun 3 bulan lagi, tentunya kita akan mendapatkan kualitas yang relatif sama. Yang paling penting dari pemberian merek ini adalah produsen kini dapat menjualnya dengan harga yang lebih tinggi bagi konsumen yang mencari kualitas.

Merek adalah sebuah identitas dari suatu produk, dimana dia hidup laksana manusia, mulai dari kecil/bayi sampai besar. Bukan pula hal yang tabu bagi kalangan marketer untuk mengubah ataupun menyegarkan kembali merek mereka jika memang diperlukan. Akan tetapi biasanya penyegaran merek ini berkaitan erat dengan adanya perubahan proposisi produk ataupun adanya inovasi baru seperti yang telah saya jelaskan di topik Marketing Basic (http://marketing-practice.blogspot.com/2009_09_01_archive.html).

Elemen-elemen Penting Pada Merek
Merek memiliki beberapa elemen penting sebagai tanda yang memudahkan konsumen untuk mengenalinya, antara lain:

1. Nama
2. Logo
3. Warna

Mari kita bahas elemen-elemen tersebut satu per satu.

1. Nama

Nama adalah elemen yang paling penting dari semuanya. Dalam penentuan nama sebuah merek penting untuk mempertimbangkan asosiasi target konsumen terhadap merek baik dari segi kualitas, proposisi, maupun hal lainnya yang kita ingin konsumen untuk mendapatkan asosiasi tersebut. Salah satu contoh yang paling mudah adalah mie SEDAP. Ketika baru pertama kali diluncurkan, mie SEDAP dengan mudah dapat diingat oleh konsumen dan mendorong mereka untuk mencoba mie baru ini. Pertanyaan di benak konsumen ketika pertama kali mendengan nama merek ini adalah "apakah mie SEDAP ini memang benar-benar sedap?". Sedap selain secara tata bahasa berarti lezat atau nikmat, kata ini juga dapat dengan mudah diingat dan diucapkan.

Hal lain yang harus menjadi pertimbangan ketika menentukan nama merek adalah apakah nama tersebut memiliki arti atau makna lain yang tidak kita inginkan dalam bahasa yang berbeda. Permasalahan ini umumnya muncul jika merek yang digunakan adalah adalah merek global lintas negara dimana disuatu negara nama merek tersebut memiliki arti yang positif, sementara di negara lain bisa jadi mengandung arti yang negatif.

2. Logo

Selain nama, logo juga merupakan bagian penting dari merek dimana dengan adanya logo akan lebih mempermudah merek kita dikenali oleh konsumen. Selain itu, juga sebagai pembeda terhadap merek lain yang mungkin secara nama tidaklah jauh berbeda. Logo dapat berupa sebuah tambahan identitas grafis ataupun semudah menggunakan nama merek sebagai logo. Contoh untuk logo dengan identitas grafis adalah Mitsubishi, dimana konsumen dapat dengan mudah mengidentifikasi keberadaan merek Mitsubishi ini dengan mengenali elemen logo berupa 3 berlian yang disusun dalam formasi segi tiga. Contoh lain yang menggunakan logo khusus untuk merek mereka adalah Adidas, Garuda Indonesia, Nike, Reebok, Toyota, dll.

Untuk penggunaan logo dengan nama merek, juga secara spesifik telah ditentukan jenis huruf, kemiringan, serta efek grafis yang menyertainya. Jenis penggunaan logo seperti ini banyak ditemukan pada merek-merek consumer goods seperti Rinso, Super Pell, Sunlight, Indomie, dan bebagai merek yang dengan mudah dapat kita temukan dipasaran. Satu hal yang perlu diingat disini adalah cara penulisan merek secara spesifik sebagai sebuah logo haruslah konsisten sehingga dapat dengan mudah diidentifikasi oleh konsumen.

 3. Warna

Seperti halnya logo, warna juga berguna untuk memudahkan konsumen mengenali identitas suatu produk. Kita tentu tahu jika ada produsen telekomunikasi selular menggunakan warna serba merah dalam setiap event-event ataupun iklannya pastilah itu Telkomsel. Kalau kuning pastilah itu Mentari. Warna merek umumnya melekat ataupun menjadi bagian dari logo, sebagai pemberi ambience untuk memperkuat branding. 

Salam,
BA

5 comments:

  1. Selamat Datang di Blog saya. Jika ada saran, kritik, pertanyaan, silahkan sampaikan di area comment ini.

    ReplyDelete
  2. Salam kenal Pak Bahrun.
    Mau tanya, kebetulan saya baru saja mendirikan sebuah usaha kecil-kecilan berupa stand penjual tahu bulat dengan lokasi di teras mini market. Pertanyaan saya, bagaimana caranya agar usaha saya ini dapat semakin besar?

    Terima kasih sebelumnya.
    Dinda

    ReplyDelete
  3. Dear Bu Dinda,

    Produk yang Ibu jual saat ini dapat dikatakan sudah memiliki keunikan (differentiation) dari tahu biasa (tahu isi, tahu sumedang, dll), hanya saja tantangannya saat ini penjual tahu bulat sudah banyak ditemukan di berbagai tempat dengan pemilik yang berbeda-beda. Dengan demikian pembeda dari segi jenis tahu (bulat vs kotak) tidaklah cukup. Diantara sesama tahu bulat perlu ditemukan lagi pembeda lain yang akan ditawarkan kepada konsumen. Pembeda tersebut dapat berupa varian baru seperti tahu bulat rasa pedas/manis, tahu bulat isi, dll. Setelah itu kita lindungi inovasi kita ini dengan kekuatan merek sehingga konsumen akan dapat membedakan kualitas tahu bulat yang mereka beli dari Ibu dibandingkan dengan yang dibeli dari penjual lain.

    Terus pertahankan konsistensi kualitas maupun branding pada booth, kemasan, dll pada saat membuka cabang di tempat lainnya. Dengan demikian merek tahu bulat Ibu dapat semakin luas dikenal oleh banyak orang.

    Semoga membantu

    BA

    ReplyDelete
  4. Permisi pak, mau request marketing 3.0 dong

    ReplyDelete
  5. OK Pak. Nanti kalau sudah siap akan saya share... :)

    ReplyDelete